Strategi dan Kebijakan

Strategi dan kebijakan program kerja Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta dalam rangka mendukung pembangunan Provinsi DKI Jakarta, khususnya guna mewujudkan sarana dan prasarana transportasi yang handal, aman, memadai, modern, terintegrasi, ramah lingkungan, dan serta turut menyelesaikan masalah-masalah perkotaan, adalah sebagai berikut:

Mendukung Peningkatan Ridership Angkutan Umum Massal

Fokus utama dalam transportasi adalah mengakomodasi pergerakan manusia (moving people), atau secara lebih sederhana dapat dikatakan, yaitu fokus untuk mendukung mobilitas sarana angkutan umum massal. Program kerja Dinas Bina Marga untuk mendukung hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pembangunan Simpang Tak Sebidang (Flyover dan Underpass) khususnya pada persilangan dengan Rel KA
  • Pembangunan Jalan Frontage (Sejajar) Rel KA dan Sungai
  • Pembangunan/Peningkatan Jalur Busway
  • Pembangunan Jalan Orang Tak Sebidang (JPO/TPO/Skywalk)
  • Penataan Jalur Pejalan Kaki (Trotoar)

Hal ini sesuai dengan RPJPD Jakarta 2025, pengembangan dan pembangunan Kota Jakarta diarahkan pada pemantapan kapasitas dan kualitas prasarana dan sarana kota dengan implemetasi Pembangunan Kawasan Transit Terpadu (KTT)/Transit-Oriented Development (TOD) untuk mendukung mobilitas angkukan umum massal secara efektif.

Menjaga Tingkat Pelayanan Jalan

Untuk menjaga jalan selalu dalam kondisi mantap merupakan amanah Undang Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Undang Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Program kerja Dinas Bina Marga untuk menjaga amanah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pemeliharaan Rutin Jalan
  • Pemeliharaan Berkala Jalan
  • Peningkatan Jalan
  • Pembangunan/Peningkatan Sarana Jaringan Utilitas

Program tersebut dilaksankan untuk menjaga kondisi jalan pada tingkat pelayanan terbaiknya dari hari ke hari, sepanjang tahun.

Mendukung Penataan Kawasan Permukiman

Di wilayah Provinsi DKI Jakarta masih memiliki banyak kawasan perkampungan yang ditempati oleh warganya dan memerlukan perhatian dari Pemerintah. Program kerja Dinas Bina Marga untuk mendukung hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Perbaikan/Penataan Jalan Kampung

Hal ini sejalan dengan strategi dalam program yaitu meningkatnya keterpaduan infrastruktur PUPR dengan pengembangan Kawasan Strategis baik di perkotaan, kluster industri maupun perdesaan, yang dijelaskan dalam Renstra Kementrian PUPR.

Selain itu, sebagai bagian dari pemerintahan Republik Indonesia, tentunya Provinsi DKI Jakarta, melalui Dinas Bina Marga juga turut mendukung pelaksanaan Program Pemerintah Pusat, diantaranya Proyek Strategis Nasional, dan implementasi Rencana Induk Transportasi Jakarta sesuai dengan tugas dan fungsi kewenangan yang dimiliki.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial