Berita



Tujuan Pemasangan CCTV di Sejumlah Infrastruktur Bina Marga Jakarta

Jakarta - Underpass, flyover, jembatan penyeberangan orang (JPO), dan skatepark merupakan aset infrastruktur bina marga yang memerlukan pemantauan lebih. Hal ini dikarenakan aset-aset tersebut memiliki risiko yang lebih tinggi akan terjadinya masalah, seperti pencurian, vandalisme, genangan, dan lainnya.

Guna memaksimalkan keamanan dan kenyamanan warga, Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pemasangan Closed-Circuit Television (CCTV).

Beberapa CCTV yang digunakan merupakan CCTV analitik, yang tidak hanya dapat merekam secara visual, namun juga dapat mendeteksi gerakan, menganalisis objek, bahkan genangan air, sehingga dapat mendeteksi dan mencegah kejadian yang mencurigakan dengan lebih cepat dan akurat.

Beberapa hal yang dipantau:

Pengawasan Jalan dan Situasi Sekitar

  • Merespons dengan cepat jika ada genangan air
  • Mencegah terjadinya aksi melompat dari JPO
  • Dapat mengakses lift JPO dari jarak jauh bagi penyandang disabilitas (direncanakan akan segera aktif dalam waktu dekat)

Pencegahan Tindak Kejahatan

  • Mencegah terjadinya pencurian, perampokan, dan tindakan asusila
  • Mencegah vandalisme seperti perusakan dan pencoretan fasilitas Bina Marga

Seluruh CCTV tersebut dipantau melalui command center Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta. Jika terdeteksi sebuah peristiwa, operator akan segera melakukan tindak lanjut dan berkoordinasi.

Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta akan selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik demi kemajuan Jakarta.


Image Lainnya